KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Jumat, 20 Maret 2015

HUKUM ISBAL





DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM
Pada Sidang Dewan Hisbah IV
Di pesantren Persis Lembang, 13 Sya’ban 1423 H
                                                        20 Oktober 2002 M

Tentang:
“HUKUM ISBAL”

Dewan Hisbah Persatuan Islam setelah:

MENGINGAT:
  1. Hadis-hadis tentang isbal
a. Secara mutlak, antara lain

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ عَنِ النَّبِيِّ  r  قَالَ: ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ قَالَ فَقَرَأَهَا رَسُوْلُ اللهِ  ص  ثَلاَثَ مِرَارٍ قَالَ أَبُوْ ذَرٍّ خَابُوْا وَخَسِرُوْا مَنْ هُمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ قَالَ : أَلْمُسْبِلُ  وَالْمَنَانُ وَالْمُنْفِقُ سِلْعَتَهُ بِالْحَلِفِ الْكَاذِبِ. رواه مسلم

Dari Abu Dzar, dari Nabi saw., beliau bersabda, “Tiga golongan yang oleh Allah tidak akan diajak bicara, tidak akan diperhatikan,  tidak akan disucikan oleh Allah pada hari kiamat, dan mereka mendapat siksa yang pedih” Kata Abu Dzar, “Rasulullah mengucapkannya sebanyak tiga kali” Abu Dzar bertanya, “Siapa mereka yang celaka dan merugi itu wahai Rasulullah ?” Rasul menjawab, “Orang yang melabuhkan pakaian, yang mengungkit-ungkit pemberian, dan menawarkan dagangannya dengan sumpah palsu.” H.r. Muslim

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ  r قَالَ : مَا أَسْفَلَ  مِنَ الْكَعْبَيْنِ مِنَ الإِزَارِ فَفِي النَّارِ. رواه البخاري

Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw. beliau bersabda, “Yang dibawah kaki tempatnya di neraka”. H.r. Al-Bukhari,

b. Secara Muqayyad, antara lain

عَنِ الْعَلاَءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّهُ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ الإِزَارِ فَقَالَ أَنَا أُخْبِرُكَ بِعِلْمٍ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ  r يَقُوْلُ إِزَرَةُ الْمُؤْمِنِ إِلَى أَنْصَافِ سَاقَيْهِ لاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْكَعْبَيْنِ   مَا أَسْفَلَ  مِنْ ذلِكَ فَفِي النَّارِ لاَ يَنْظُرُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَى مَنْ جَرَّ إِزَارَهُ بَطَرًا. رواه مالك و الطبراني

Dari Al-‘Ala bin Abdurrahman, dari Ayahnya, sesungguhnya ia berkata, “Aku bertanya kepada Abu Said tentang sarung.” Maka ia menjawab, “Aku akan khabarkan kepadamu berdasarkan ilmu, aku mendengar Rasul saw. bersabda, ‘Batas sarung seorang mukmin sampai pertengahan betis, dan dibolehkan antara mata kaki dan tengah bitis, dan yang di bawah mata kaki tempatnya di neraka, dan siapa yang menyeret sarungnya karena kesombongan, Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat. H.r. Malik dan At-Thabrani

عَنْ جَابِرِ بْنِ سُلَيْمٍ الْهُجَيْمِيِّ قَالَ أَتَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ r… قَالَ … وَإِيَّاكَ وَإِسْبَالَ الإِزَارِ فَإِنَّ إِسْبَالَ الإِزَارِ مِنَ الْمَخِيْلَةِ  وَإِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ   الْمَخِيْلَةِ. رواه البيهقي

Dari Jabir bin Sulaim Al-Hujaimi, ia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah saw. … Beliau bersabda, ‘…dan jauhilah olehmu melabuhkan pakaian, karena melabuhkan pakaian itu termasuk sombong. Dab sesungguhnya Allah tidak menyukai kesombongan’”. H.r. Al-Baihaqi

مَنْ جَرَّ إِزَارَهُ لاَ يُرِيْدُ بِذلِكَ إِلاَّ الْمَخِيْلَةَ  فَإِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. رواه أحمد

Barang siapa melabuhkan pakaian dengan maksud sombong, sesungguhnya Allah tidak akan memperhatikannya pada hari kiamat. H.r. Ahmad

2. Hadis-hadis tentang  melabuhkan atau menggusur pakaian yang pernah dilakukan oleh Rasulullah serta para sahabatnya, antara lain

عَنْ أَبِي بَكْرَةَ قَالَ: خَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلىَ عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ فَخَرَجَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى انْتَهَى إِلَى الْمَسْجِدِ… رواه البخاري

Dari Abu Bakrah, ia berkata, “Telah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah saw., lalu beliau keluar menggusur pakaiannya hingga beliau sampai ke masjid… H.r. Al-Bukhari

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ  rقَالَ مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلاَءَ لَمْ يَنْظُرِ اللهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ أَحَدَ شِقَّيْ إِزَارِي يَسْتَرْخِي إِلاَّ أَنْ أَتَعَاهَدَ ذَلِكَ مِنْهُ فَقَالَ النَّبِيُّ  rلَسْتَ مِمَّنْ يَصْنَعُهُ خُيَلاَءَ – رواه البخاري –

Dari Abdullah bin Umar, dari Nabi saw. beliau bersabda, “Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, Allah tidak akan memandang kepadanya pada hari kiamat, lalu Abu Bakar berkata, ‘Sesungguhnya salah satu dari ujung pakaianku berlabuh, aku khawatir termasuk orang yang seperti itu’ Beliau bersabda, “Kamu tidak termasuk di antara orang yang berbuat hal itu.” H.r. Al-Bukhari

MENDENGAR:
  1. Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP. Persis Al Ustadz KH. Drs. SHIDDIQ AMIN, MBA.
  2. Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah KH.A Syuhada
  3. Makalah dan pembahasan yang disampaikan oleh  Drs. H. Uus M Ruhiat
  4. Pembahasan dan penilaian dari anggota Dewan Hisbah terhadap masalah tersebut di atas
MENIMBANG:
 
1. Hadis-hadis tentang isbal itu ada yang mutlak dan ada yang muqayyad 
2. Taqyid dalam masalah isbal itu adalah khuyala (sombong/takabbur) 
3. Sesuai dengan kaidah:
حَمْلُ الْمُطْلَقِ عَلَى الْمُقَيَّدِ وَاجِبٌ

(membawa dalil yang mutlak kepada muqayyad hukumnya wajib) 

4. Perlu ada kejelasan hukum tentang masalah isbal.

MENGISTINBAT:

Isbal atau tidak isbal karena khuyala (sombong) hukumnya haram.


Demikian keputusan Dewan Hisbah mengenai masalah tersebut dengan  makalah terlampir.


Bandung,        13Sya’ban 1423 H
                         20 Oktober 2002 M
DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM











Ketua                                                    Sekretaris
KH. AKHYAR SYUHADA      DR. HM. ABDURRAHMAN, MA
NIAT: 1632                                NIAT: 7070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar