KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Jumat, 08 April 2011

IMAM MENGHADAP MA'MUM





Tanya  : Assalamu’alaikum wr.wb.  Pak Ustadz di Masjid tempat kami tinggal, biasanya selesai salam Imam suka menghadap kepada Makmum. Apakah hal itu ada perintahnya? TGR Jl. Mayor Oking Bogor

Jawab  :  Wa’alaikumussalam wr.wb. Menghadap makmum selesai shalat merupakan amal Nabi saw yang direkam oleh para shahabat. Hal ini tentunya tidak semata-mata Nabi melakukan hal itu, kecuali bagi kita mengikuti apa yang beliau contohkan. Dasar hukum perbuatan Nabi saw mengenai hal tersebut diantaranya : 

عن سمرة رضي الله عنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا صلى صلاة أقبل علينا بوجهه - رواه البخاري

Dari Samurah ra. berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila selesai shalat, beliau menghadapkan wajahnya kepada kami. (HR.Bukhary)

Akan tetapi terkadang Nabi saw tidak membalikkan badannya, melainkan hanya memutar sekitar 90 derajat menghadap ke arah kanan atau terkadang ke arah kiri beliau. 

Dari Bara’ bin "Azib : Jika kami shalat dibelakang Rasulullah saw. kami paling suka berada disebelah kanannya (Nabi), (karena) beliau suka menghadapkan wajahnya kearah kami. (HR. Muslim, Abu Dawud I : 14)

Dari Ibnu Mas’ud ra berkata, Seringkali aku melihat Rasulullah SAW berputar ke kiri(HR.Bukhary Muslim)

Keterangan diatas menunjukkan bahwa Nabi saw selesai shalat wajib suka menghadap ke arah makmum. Baik itu membalikkan badan beliau secara keseluruhan, atau hanya kesebelah kanan beliau atau ke sebelah kirinya.

Imam An-Nawawi dalam Syarah Muslim  menyimpulkan bahwa adanya beberapa dalil mengenai hal tersebut, menujukkan memang terkadang  beliau SAW selesai shalat menghadap ke makmum (membalikan badannya), terkadang menghadap ke samping kanan dan terkadang menghadap ke samping kiri. Allohu A’lam

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar