KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Sabtu, 24 Januari 2015

MEMBERI SALAM KEPADA ANAK-ANAK (YANG MUDA)


Tanya : Bismillah … Ustadz, apa benar bahwa salah satu mengucapkan salam itu diharuskan dari yang kecil (muda) kepada yang tua? Bagaimana kalau sebaliknya? BN Ciawi Tasikmalaya


Jawab : Ibn Hajr al-Asqalani dalam kitabnya Bulughu al-Maram, menempatkan  hadits yang ibu maksud dalam Bab Adab (sopan santun). Hal ini menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari adab (akhlaq) yang semestinya dilakukan (diantaranya) mengucapkan salam yang semestinya diawali oleh yang muda kepada yang tua. Hadits yang dimaksud diantaranya :

Dari Abi Hurairah berkata : Bersabda Rasulullah saw : (Selayaknya) memberi salam yang muda kepada yang tua, yang berjalan kepada yang duduk, yang sedikit kepada yang banyak (HR.Bukhary Muslim), dalam riwayat Muslim ada tambahan “Dan yang berkendaraan kepada yang berjalan”. (Bulughu al-Maram Bab Adab, lihat Lu’lu wa al-Marjan Kitab Salam no.1396)

Hal tersebut bukan artinya yang tua tidak boleh mengucapkan salam kepada yang muda. Sebab dalam hadits lain ternyata Nabi saw pernah mengucapkan salam kepada anak-anak.

“…Sesungguhnya Anas bin Mali ra pernah melewati dan berjumpa dengan anak-anak, maka ia (Anas) mengucapkan salam kepada mereka. Anas berkata : Bahwa Nabi saw pernah melakukan hal itu (Bukhary Bab al-Taslim ‘ala al-Shibyan 15, lihat pula Lu’lu wa al-Marjan Bab Istihbab al-Salam ‘ala al-Shibyan hal 53 no. 1041 dari Anas bin Malik ra). Allohu A’lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar