KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Sabtu, 03 Januari 2015

QASHAR BAGI MUSAFIR (Fiqh Ikhtilaf)



A. Dasar Hukum Qashar

1. Al-Quran

وَإِذَا ضَرَ‌بْتُمْ فِي الْأَرْ‌ضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُ‌وا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُ‌وا ۚ إِنَّ الْكَافِرِ‌ينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا  ۚ

Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar shalat(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu musuhmu yang nyata.(QS.an-Nisa' 101)

2. Al-Hadits Shahih

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : فُرِضَتْ الصَّلَاةُ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ هَاجَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَفُرِضَتْ أَرْبَعًا وَتُرِكَتْ صَلَاةُ السَّفَرِ عَلَى الْأُولَى.(رواه البخاري : 3642– صحيح البخاري – المكتبة الشاملة -بَاب التَّارِيخِ مِنْ أَيْنَ أَرَّخُوا التَّارِيخَ- الجزء : 12– صفحة : 323)
Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai’, telah menceritakan kepada kami Ma’mar dari Azzuhri dari Urwah dari Aisyah ra, ia berkata : (Pada awalnya) shalat itu diwajibkan 2 rakaat, kemudian beliau saw hijrah, maka  shalat itu diwajibkan menjadi 4 rakaat, dan ditetapkan bagi shalat safar atas pertama kali diwajibkannya (yaitu 2 rakaat). (Shahih Bukhari, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 12, ha. 323)


حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَطَاءٍ عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدَ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : فُرِضَتْ الصَّلَاةُ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ إِلَّا الْمَغْرِبَ فُرِضَتْ ثَلَاثًا لِأَنَّهَا وِتْرٌ قَالَتْ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَافَرَ صَلَّى الصَّلَاةَ الْأُولَى إِلَّا الْمَغْرِبَ فَإِذَا أَقَامَ زَادَ مَعَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ إِلَّا الْمَغْرِبَ لِأَنَّهَا وَتْرٌ وَالصُّبْحَ لِأَنَّهُ يُطَوِّلُ فِيهَا الْقِرَاءَةَ.(رواه احمد : 25080– مسند احمد– المكتبة الشاملة –باب باقى المسند الاسابق– الجزء : 53– صفحة :238)

Telah menceritakan kepada kami Abdulwahhab bin ‘Atha’ dari Dawud bin Abu Hindi dari Asy-Sya’bi, dari Aisyah, ia berkata : Shalat telah diwajibkan 2 rakaat, 2 rakaat kecuali maghrib, ia 3 rakaat, karena ia adalah shalat ganjil. Aisyah berkata : Rasulullah saw bila bepergian mengerjakan shalat yang awal (yaitu 2 rakkat) kecuali shalat maghrib (tetap dikerjakan 3 rakat); dan apabila beliau menetap (mukim), beliau menambah untuk masing-masing 2 rakaat, 2 rakaat, kecuali shalat maghrib, karena ia adalah shalat ganjil, dan shalat shubuh, karena di dalamnya beliau memanjangkan bacaannya. (HR. Ahmad : 25080, Musnad Ahmad, Al-Maktabah Asy-Syamilah, Bab Baqil musnad Assabiq, juz : 53, h. 238)


فَرَضَ الله الصَّلاةَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكُم – صلى الله عليه وسلم –  في الحَضَرِ أَربَعًا، وَفي السَّفَرِ رَكعَتَينِ، وَفي الخَوفِ رَكعَةً.
 
“Allah mewajibkan shalat melalui lisan Nabi kalian shallallahu alaihi wasallam sebanyak 4 rakaat dalam keadaan mukim, 2 rakaat dalam keadaan safar, dan 1 rakaat dalam keadaan takut (shalat khauf).” (HR. Muslim no. 687 dari Ibn Abbas ra)

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ الْأَخْنَسِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : فُرِضَتْ الصَّلَاةُ عَلَى لِسَانِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَضَرِ أَرْبَعًا وَفِي السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ وَفِي الْخَوْفِ رَكْعَةً. (رواه النسائي : 452 – سنن النسائي – المكتبة الشاملة -باب كَيْفَ فُرِضَتْ الصَّلَاةُ – الجزء : 2– صفحة : 235)
 
Telah mengabarkan kepada kami Amr bin Ali, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahya dan Abdurrahman, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari Bukair bin Al-Akhnas dari Mujahid dari Ibnu Abbas, ia berkata : Shalat diwajibkan lewat lisan Nabi saw bagi yang tinggal di tempat (mukim) 4 rakaat, dalam keadaan bepergian 2 rakaat, dan dalam keadaan takut satu rakaat. (HR. An-Nasai : 452, Sunan An-nasai, Al-Maktabah Asy-Syamilah)

B. "Hisbah" Hukum Qashar

Dikalangan fuqaha terjadi silang pendapat mengenai hukum qashar bagi seorang musafir.
1. Wajib
Hukum dari shalat qashar bagi musafir menurut sebagaian ahli fiqih (fuqaha) adalah wajib. Mazhab Abu Hanifah mewajibkan bagi musafir untuk mengqashar shalatnya(lihat Abdurrahman Al-Jaziri, Al-Fiqhu ‘alaa Madzaahibil Arba’ah, Juz : 1, Muassasah Al-Mukhtar, Kaero, 2006M/1426H, hal. 381 -383). Begitu juga dengan pendapat Umar bin Abdil Aziz, Sufyan Ats-Tsauri, Al-Hasan bin Saleh, dan merupakan mazhab Zhahiriah dan selainnya, serta yang dikuatkan oleh Asy-Syaukani dalam Nail Al-Authar: 3/202.

Diantara hujjahnya :


حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : الصَّلَاةُ أَوَّلُ مَا فُرِضَتْ رَكْعَتَيْنِ فَأُقِرَّتْ صَلَاةُ السَّفَرِ وَأُتِمَّتْ صَلَاةُ الْحَضَرِ.(رواه البخاري : 1028 – صحيح البخاري – المكتبة الشاملة - بَاب يَقْصُرُ إِذَا خَرَجَ مِنْ مَوْضِعِهِ – الجزء : 4 – صفحة : 237)

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Az-Zuhri, dari Urwah, dari ‘Aisyah ra, ia berkata : Shalat pada awal mulanya diwajibkan 2 rakaat, kemudian (ketentuan ini) ditetapkan sebagai shalat safar (2 rakaat) dan disempurnakan (menjadi 4 rakaat) bagi shalat di temapat tinggal (mukim) (Shahih Bukhary)


أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ الْأَخْنَسِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : فُرِضَتْ الصَّلَاةُ عَلَى لِسَانِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَضَرِ أَرْبَعًا وَفِي السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ وَفِي الْخَوْفِ رَكْعَةً. (رواه النسائي : 452 – سنن النسائي – المكتبة الشاملة -باب كَيْفَ فُرِضَتْ الصَّلَاةُ – الجزء : 2– صفحة : 235)

Telah mengabarkan kepada kami Amr bin Ali, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahya dan Abdurrahman, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari Bukair bin Al-Akhnas dari Mujahid dari Ibnu Abbas, ia berkata :Shalat diwajibkan lewat lisan Nabi saw bagi yang tinggal di tempat (mukim) 4 rakaat, dalam keadaan bepergian 2 rakaat, dan dalam keadaan takut satu rakaat. (HR. An-Nasai)


Dua keterangan diatas menggunakan (furidha) `diwajibkan` sehingga dijadikan dalil dan berkesimpulan oleh mazhab imam Hanafi dijadikan dasar mewajibkan qashar shalat dalam perjalanan (safar).

 (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar