KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Minggu, 08 Februari 2015

MENAHAN LAPAR DEMI TAMU NABI




Seorang telah datang menemui Rasulullah s.a.w.  dan telah menceritakan kepada Nabi s.a.w. tentang derita perut (kelaparan) yang dialami olehnya. Kebetulan  ketika itu Nabi s.a.w. tidak mempunyai suatu sedikit makanan pun  di rumahnya untuk diberikan kepada orang itu. Nabi s.a.w. kemudian bertanya kepada para sahabat,"Adakah  di antara kalian yang sanggup melayani orang ini sebagai tamu kehormatan bagiku pada malam ini?" Salah seorang diantara  kaum Ansar menyatakan kesiapannya untuk menjamu dan menyediakannya, seraya berkata, "Wahai Rasulullah s.a.w. , saya sanggup menyiapkan jamuan malam seperti yang engkau maksud"



Orang Ansar itu pun  membawa tamu  tadi ke rumahnya dan menyampaikan apa yang dipesankan oleh Nabi kepada  isterinya seraya berkata, "Istriku ini adalah tamu agung Rasulullah saw. Kita mesti menjamu dengan sesuatu yang dapat menggembirakannya, keluarkan apa yang ada untuk melayani tamu Nabi ini". Lalu isterinya menjawab, "Demi Allah! Sebenarnya aku tidak  mempunyai sedikitpun untuk jamuan tamu itu, ada juga makanan sedikit buat anak kita itu"



Orang Ansar itu pun berkata, "Kalau begitu, ajaklah tidur anak kita itu dahulu (anak-anaknya) supaya tak menanyakan makan. Apabila saya duduk untuk makan dengan tamu  di samping jamuan makan yang sedikit, ...... engkau padamlah lampu itu, sambil berpura-pura hendak membetulkannya ... supaya tamu itu tidak mengetahui bahwa disangkanya saya ikut makan bersama-samanya." Maka sang istripun melakukan sebagaimana yang diperintahkan sang suami,....sekalipun seluruh keluarga tersebut termasuk anak-anaknya itu sendiri terpaksa menahan lapar demi seorang tamu yang membutuhkan makan bahkan tuan rumah sampai menyuruhnya untuk menghabiskan makanan itu. Peristiwa tersebut sangat mengagumkan sampai diabadikan dalam sebuah ayat. 



"Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka berada dalam kesusahan." (Al-Hasr : 9).


Subhanallah! ... masihkan adakah yang mengatasnamakan seorang muslim dengan bangganya mencaci dan menghina para shahabat Nabi?


حدثني يعقوب بن إبراهيم بن كثير حدثنا أبو أسامة حدثنا فضيل بن غزوان حدثنا أبو حازم الأشجعي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال أتى رجل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله أصابني الجهد فأرسل إلى نسائه فلم يجد عندهن شيئا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ألا رجل يضيفه هذه الليلة يرحمه الله فقام رجل من الأنصار فقال أنا يا رسول الله فذهب إلى أهله فقال لامرأته ضيف رسول الله صلى الله عليه وسلم لا تدخريه شيئا قالت والله ما عندي إلا قوت الصبية قال فإذا أراد الصبية العشاء فنوميهم وتعالي فأطفئي السراج ونطوي بطوننا الليلة ففعلت ثم غدا الرجل على رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال لقد عجب الله عز وجل أو ضحك من فلان وفلانة فأنزل الله عز وجل ويؤثرون على أنفسهم ولو كان بهم خصاصة
 فتح الباري شرح صحيح البخاري

Tidak ada komentar:

Posting Komentar