KEL.BESAR ABU ALIFA

KEL.BESAR ABU ALIFA

Kamis, 05 Februari 2015

MENEMPATI RUMAH BARU


Tanya : Assalamualaikum ustad..saya mau nanya apa benar jika kita mau pindah ke rumah yang baru harus di adzanin  tambah pengajian dsb..apa ada hadist yg menyatakan begitu/sekedar atau hanya tradisi aja? Mohon penjelan saya..terima kasih. Baim Murai
Jawab : Wa'alaikumussalam, Tidak ada ketentuan bahwa jika kita pindah rumah atau menempati rumah baru harus di adzanin. Adzan itu bukan tradisi, tapi merupakan syariat. Jika adzan dikaitkan dengan menempati rumah, maka itu sama dengan syariat baru dan bisa dikatagorikan sebagai sesuatu yang bid'ah.

Rasulullah telah memberikan tuntunan kepada kita bahwa jika kita menempati rumah baru (termasuk kontrakan baru) maka kita berdo'a.

Diantara doa yang pernah diajarkan Rasulullah saw :

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya." (HR. Muslim, dari Khaulah binti Hakim)

Diriwayatkan dalam Shahih Muslim, Nabi saw bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

"Jangan kamu jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya."

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Disamping saat menutup pintu baik saat mau pergi atau saat masuk rumah, disunnahkan menyebut nama Allah.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Dengan demikian, adzan untuk menempati rumah baru tidak disyariatkan. Adapun membaca al-Quran, tentu bukan hanya saat baru ditempati, akan tetapi biasakan membaca al-Qiran itu dirumah, jangan seperti dikuburan. Allohu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar